Kamis, 08 November 2012

Definisi Dari Processor

Hey... kali ini Rhevton Fhalls akan membahas artikel tentang Definisi dari Processor.

Mau Tau ? Simak Aja


  Siapa yang tidak mengenal processor ? semua perangkat komputer, smartphone, PC tablet, laptop, dan lainnya menanamkan processor ke dalamnya. Tapi pasti anda ingin mengenal jauh tentang pengertian/definisi dari processor.

  Processor atau Microprocessor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan apabila PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Processor sering juga disebut sebagai pusat pengendali atau otak komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Microprocessor yang lebih sering disebut atau nama lain dari processor adalah pusat pelaksana seluruh kerja komputer yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz).
Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam memproses data atau informasi. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

  Semakin tipis sebuah processor maka akan semakin cepat kinerjanya, serta mengurangi panas dan membutuhkan power yang kecil pula. Fungsi processor adalah menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama (main memory) dengan cara mengambil instruksi, menguji instruksi tersebut, dan menjalankan instruksi satu demi satu.



Gambar : Contoh gambar processor Intel Core i7

  

 Bagian terpenting dari prosesor terbagi menjadi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata;
  •  Control Unit (CU), merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arithmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan;
  • Memory Unit (MU), merupakan bagian dari processor yang menyimpan alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU.




Ya.. itulah sedikit penjelasan tentang definisi dari processor, bila ada kesalahan kata mohon di maafkan dan terima kasih kepada anda yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel dari saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar