Senin, 07 Januari 2013

Ternyata pendiri Dinasti Ming adalah orang muslim


Beberapa hari ini saya menghabiskan waktu untuk menonton tv seri “The Return of the Condor Heroes”, “The Legend of the Condor Heroes“, dan “Heavenly Sword & Dragon Saber 2003“. Dari ketiga film tersebut, saya sedikit belajar mengenai history dari cina dan mulai tertarik mempelajari Dinasti-Dinasti di Cina. Bila ketiga film itu diurutkan berdasarkan waktu kejadian yang menjadi latar belakang film tersebut, maka secara berurutan adalah sebagai berikut : “The Legend of the Condor Heroes”, “The Return of the Condor Heroes”, lalu “The Heavenly Sword & Dragon Saber “. Dinasti yang terlibat dalam film–film tersebut adalah sebagai berikut:

Dinasti song (920 – 1279) -> Han
Dinasti jin (916 – 1125) -> Manchu
Dinasti yuan (12 71 – 1368) -> Mongol
Dinasti ming (1368 – 1644) ->Han


Saya akan membahas latar belakang dari ketiga film tersebut sesuai dengan urutan waktunya, yang pertama adalah film “The Legend of the Condor Heroes“ yang lakonnya Guo Jing (lebih kita kenal dengan nama Kwe Ceng) yang berlatar belakang peperangan antara Dinasti Jin, Dinasti song dan Mongol. Singkatnya, Dinasti Jin menyerang Dinasti Song, kemudian Dinasti Song bekerja sama dengan Mongol menghancurkan Dinasti Jin. Setelah kehancuran Dinasti Jin, Dinasti Song terlibat pertempuran dengan Mongol.

Yang kedua adalah film “The Return of the Condor Heroes” yang lakonnya bernama Yang Guo (lebih kita kenal Yoko). Berlatar belakang pada masa Dinasti Song bertahan dari gempuran tentara Mongol. Dinasti Song melakukan pertahanan dari serangan tentara Mongol di kota Xiang Yang. Dinasti Song berhasil bertahan dari serangan tentara Mongol lebih dari 2 dekade. Cerita ini diakhiri dengan keberhasilan Dinasti Song memukul mundur tentara Mongol di kota Xiang Yang.

Yang ketiga adalah film “The Heavenly Sword & Dragon Saber” yang lakonnya Zhang Wuji (lebih kita kenal Tio Bu Ki). Latar belakang film ini pada masa Cina sudah dikuasai oleh Mongol, yang kemudian mendirikan Dinasti Yuan di Cina. Pada masa ini banyak terjadi pemberontakan untuk mengusir Mongol dengan cara menghancurkan Dinasti Yuan. Cerita ini diakhiri dengan keberhasilan bangsa Han mengusir Mongol dari tanah Cina. Jenderal perang yang berhasil mengusir tentara mongol dari tanah Cina bernama Zhu Yuanzhang, dia adalah seorang bangsa Han yang memeluk agama Islam. Zhu Yuanzhang merupakan pendiri Dinasti Ming. Pada Masa ini, Islam berkembang pesat. Sebenarnya pada Dinasti sebelumnya, yaitu Dinasti Yuan, Islam pun juga berkembang cukup baik, karena beberapa suku dari bangsa Mongol memang sudah ada yang memeluk Islam.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar